Senin, 20 Desember 2010

Perkembangan Studi Islam Di Indonesia


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya alamnya (SDA) baik dari hasil laut, dan bumunya dan letaknya yang geografis dengan tanah yang subur maka itu tidak heran lagi jika banyak negara-negara tetangga yang bedatangan baik untuk sekedar berdagang maupun memulikinya (menjajah) dan menyabarkan agama yang dipercayainya baik agama Yahudi, Nasrani, maupun Islam.
Dan bahkan sejarah telah mencatat semua agama itu disisarkan dan dan dikembangkan oleh para pembawanya yang disebut dengan utusan Tuhan dan meyakini atas apa yang diperintahkan-Nya bahkan para penyabar tidak menghiraukan dekat jauh tempat yang ditujunya misalnya di Indonesia.
Lewat makalah ini pemakalah mencoba membahas tentang apa yang ada di Negara Indonesia yang tercinta yaitu tentang sejarah masukya islam di Indonesia, perkambangan serta para tokoh yang berpengaruh setika itu, mudah-mudahan dengan makalah yang akan kami sajikan ini dapat bermanfa'at bagi kita semua. Amiiin

A.    Rumusan Masalah
  1. sejarah masuknya isalm di Indonesia
  2. Perkembangan studi islam di Indonesia
  3. Tokoh-tokoh yang berpengaruh dalam prkembangan islam di Indonesia













BAB II
PEMBAHASAN

  1. Masuk dan Berkembangnya Islam Di Indonesia
Perkembangan penyiaran agama islam termasuk paling dinamis dan gepat kalau dibandingkan dengan agama-agama lainya. Hal tersebut diukur dengan kurun waktu yang sebanding dan dengan sikon alat komunikasi dan transportasi yang sepadan. Dan tepatnya pada zaman usman bin affan islam telah masuk di negeri-negeri bgian timur sampai ke tiongkok yang dibawa oleh para pedagang zaman dinasti Tang. Dan karena fator khusus yang ada pada ajaran islam baik dalam bidang akidah, syariah dan akhlaknya yang mudah dimengerti oleh semua lapisan masyarakat maka islam bias diamalkan dengan sangat luwes, lebih-lebih pada maeyarakat Indonesia yang nota benehnya sangat awam sekali. Disini ada dua factor yang menyebabkan Indonesia mudah dikenal oleh bangsa-bangsa lain, khususnya oleh bangsa-bangsa di timur tengah dan timur jauh sejak dahulu kala yaitu:
1)      factor letak geografisnya yang setrategis.indonesia letaknya berada di persimpangan jalan raya internasional dari jurusan timur tengah menuju tiongkok,melalui lautan dan jalan menuju benua amerika dan australi.
2)      Factor kesuburan tanahnya yang menghasilkan bahan-bahan keperluan hidup yang diperlukan oleh bangsa-bangsa lain,misalnya:rempah-rempah.

       Oleh karena itu tidak mengherankan jika masuknya islam di indonesia  ini terjasi tidak terlalu jauh dari zaman kelehiranya dan kita harus bias membedakan antara datangnya orang islam yang pertama di Indonesia misalnya:sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu orang yahudi yang menetap  dan berdagang dikota-kotabesar Indonesia tetepi sampai saat ini tidak pernah ada gerakan penyiar agama yahudi di Indonesia sehigga orang mengangap agama yahudi di Indonesia belum masuk ke Indonesia.
       Dan kalau benar agama islam dalam arti para pedagang islam telah masuk ke tiongkok pada zaman khalifah usman,maka tidak mustahil jika ada pedagang islam yang mampir atau menetap di Indonesia sekitar zaman itu dan menyebarkan agama yang di bawanya.


B.PERKEMBANGAN STUDI ISLAM DI INDONESIA
 Dalam perkembangan islam di Indonesia berkembang pula studi islam yang bertingkat dan bias di gambarkan bahwa lembaga atau system pendidikan di indonesia dimulai dari sistem sebagai berikut:
1.   langgar yaitu suatu suatu pendidikan yang di jalankan di musholah,masjid, atau rumah guru .adapun kurikulum yang dipakai ketika itu bersifat elementer yaitu mempelajari huruf-huruf arab yang di kelole oleh ustadz,mudin, ataupun alim.mereka ini umumnya berfungsi sebagai guru agama sekaligus sebagai tukang baca doa, Di musholah atau masjid seorang guru dan murid duduk bersila tanpa bangku.dan untuk mengajar ada dua cara .pertama dengan cara sorogan yaitu seorang murid berhadapan langsung dangan guru yang bersifat perorangan. Kedua dengan cara halaqah ,yaitu seorang guru yang di kelilingi oleh para muridnya .
2.   pesantren yaitu pendidikan ini busa di identikan dengan kutthab , dimana seorang kyai dengan sarana masjid atau pondok sebagai tampat tinggal santri.dalam pesantren ada dua cara yang dipakai yaiyu sorogan dan hallaqah,hanya saja sorogan di pesantren biasanya dengan cara santri membaca kitab sementara kyai nya mendengarkan sekaligus mengoreksi apabila ada kesalahan.
3.   kerajaan, dalam system ini ada beberapa kerajaan yang mempunyai system sendiri-sendiri .pertama kerajaan samudra pasai di aceh di dirikan oleh malik ibrahim bin mahdunyang yang berdiri pada abad 10 M .adapun materi yang diajarkan yaitu fiqih mazhab syafii dan sisi lembaganya bersifat informal. Begitu juga dengan kerajaan-karajaan lain ada kalanya sistemnya sama dan kadangkala juga berbeda.

      Kemudian pada abad ke-19 perkembangan di Indonesia mulai lahir sekolah model belanda ,sekolah eropa,vernahuler. Sekolah eropa khusus bagi orang eropa dan sekolah vernshuler khusus bagi orang belanda. Di samping itu ada sekolah pribumi yang mempunyai system yang sama denga sekolah-sekolan belanda.
     Dan pada dasawarsa abad ke-20 baru muncul madrasah dan sekolah-sekolah model belenda oleh organisasi islam, seperti NU, muhammadiyah dan lain-lain. Dan tepatnya pada tahun 1906 organisasi-organisasi tersebut mendirikan beberapa tempet belajar seperti mamba'ul ulum yang didirikan pada 1906 oleh susuhunan pakubuwono, sekolah adabiyah pada 1907 oleh Abdullah ahmad dan lai-lainnya.
C.TOKOH TOKOH YANG BERPENGARUH DALAM PERKEMBANGAN USLAM DI INDONESIA
       Penyebaran dan perkembangan kebudayaan islam di Indonesia terutama terletak pada pundak para ulama setelah para pedagang-pedagang dan pelayar. Ada dua cara yang ditempuh oleh para ulama :pertama, membentuk kader-kader ulama yang akan bertugas sebagai bubaligh ke daerah-daerah yang lebih luas.cara ini di praktikkan di lembaga-lambaga pendidikan seperti pesantren islam. Kedua: melalui karya-karya yang tersebar luas dan di baca oleh masyarakat umum di berbagai tempat. Karya-karya ini mencerminkan perkembangan dan ilmu-ilmu agama di indomesia pada saat ini. Ada beberapa ilmuan atau tokoh yang berperan ketika itu yaitu hamzah fansuri ,syamsyudin al-sumatrani ,nuruddin al-raniri, abdul rauf singkel, dan lainnya. Ulama-ulama diataslah yang banyak memperkenalkan pemikiran tasawuf,filsafat,dan ilmu kalam.





















BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
     1.   islam di Indonesia di bawa oleh para pedagang dan para nelayan yang berlayar di perairan iandonesia.
      2.   untuk sarana dan system yang di gunakan pada saat itu adalah sangat tradisional .
      3.   islam tersebar melalui pundak para ulama yang berperan penuh terhadap perkembangan pendidikan islam.

























DAFTAR PUSTAKA

Zuhairin.2008.sejarah pendidikan islam .jakarta:bumi aksare
Nasution khoirudin .2007. pengantar studi islam.yokyakarta.academia
Mubarak ,zakky. 2007. menjadi cendikiawan muslim.jakarta.pt maghenta bhakti guna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar